Wednesday, January 16, 2013

Membuat Website Statis simpel dan mudah dengan QuickCMS


Sudah lama rasanya tidak berselancar di dunia maya, apalagi yang berkaitan dengan pembuatan sebuah website. Ok langsung saja, pengalaman pribadi yang bakalan ane share di post ini. Sekitar dua bulan yang lalu ane dimintain tolong kakak untuk membuatkan sebuah website statis untuk profil perusahaannya.
Terus terang berhubung ane buta kode maka ane bilang tidak bisa, akan tetapi kakak tetap memaksa heheheheh…ya sutralah coba berselancar sebentar untuk mencari CMS simple untuk pembuatan web statis.

Saat ini memang banyak CMS yang menawarkan kemudahan dalam pembuatannya, akan tetapi berbekal otak ane yang mikirnya masih menggunakan processor tua, maka tetap saja untuk membuat sebuah website merupakan hal yang sulit untuk ane.

Waktu yang disediakan kakak ane 1 minggu , mending kalau dikasih content atau artikel bersangkutan, lha ini gak ada sedikitpun. Berbekal nekat akhirnya ane menemukan CMS yang sangat sederhana, namanya Quick cms. Quickcms ini merupakan cms simple , saking simplenya tidak terdapat database didalamnya alias databasenya berbentuk kode langsung.

Untuk install pun amat mudah
Pastikan mempunyai server offline di PC/laptop kita, ane pakai xampp. Kalau tidak punya bisa di download gratis disini didalamnya juga terdapat panduan instalasinya (“Ane menganggap semua udah paham berkaitan instalasi xampp pada PC, apabila belum maka silahkan baca intruksi instalasi pada website bersangkutan”).
Pastikan server offline telah berjalan normal , dan bisa digunakan. Tanda xammp telah terinstall dengan baik, bisa dicoba dengan mengetikkan localhost pada browser anda. Dibawah ini terdapat beberapa screen capture xammp yang terinstall.
Lokasi xampp defaultnya berada di Drive C.
Letak Xampp
  • Pastikan xampp telah berjalan dengan baik klik start pada folder xampp  lalu cek control panel xampp
Control-Panel-Xamp
  • Cek xampp sudah berjalan dengan baik, dengan mengetikkan http://localhost/  pada browser
Localhost
  • Download quick cms free disini , disini ane menggunakan CMS versi 5.0 nama filenya Quick.Cms_v5.0.zip.Buatlah folder pada bagian root xampp, atau di C:xampp\htdocs , nama folder terserah. Folder ini merupakan nama website offline ente-ente nantinya. Ane kasih contoh dengan nama website contoh Klik kanan Quick.Cms_v5.0.zip lalu ektrak file dengan folder tujuan folder yang telah ada buat sebelumnya
Klik Kanan Ekstrak File CMS
Hasil-Ekstrak-CMS
  • Jalankan website ada, berdasarkan contoh ane maka linknya adalah http://localhost/websitecontoh/ dan sudah selesai. Loh yang benul….yup sedemikian simplenya untuk membuat website.
Hasil-Instalasi-CMS
  • Selanjutnya ente tinggal edit dan tambahkan artikel yang ente perlukan , serta sesuaikan dengan kemauan ente. Caraya masuk pe page admin di http://localhost/websitecontoh/admin.php user dan password defaultnya adalah admin, silahkan nantinya dirubah seperti kemauan ente - ente semua.
admin-page

Lay-Out-Admin-Page
  • Nach untuk hasil yang sudah dibuat dan sudah online dengan pengerjaan selama kurang lebih 3 hari bisa di lihat disini

Nach demikian sedikit share dari ane , mohon maap sebesar-besarnya kalau postingnya berantakan. Artikel ini dibuat untuk pemula atau newbie seperti penulis, dimaksudkan untuk berbagi pengalaman positif dan berbagi ilmu yang bermanfaat. (#Gambar diambil dari blog lama)


No comments:

Post a Comment