Monday, June 13, 2011

Tip dan triks Samsung aka valensia c6625 berdasarkan pengalaman pribadi


# FOTO MENGGUNAKAN BLOG LAMA


Kali ini saya akan sharing berhubungan dengan handphone, berhubung saya punyanya Samsung aka valensia atau c6625 maka hp tersebut yang akan saya bahas … :D. Demikian (foto paling atas yak) spesifikasi nya saya ambil langsung dari websitenya samsung. Nach berhubung saya awam soal handphone maka saya akan coba sharing berdasarkan kejujuran selama ini dalam menggunakan HP tersebut.
Langsung aja dari beberapa warna yang ditawarkan hitam, merah, kuning dsb. Saya ambil warna biru putih, pembelian tahun 2009 dengan harga Rp 2.525.000,- (cash tanpa kekurangan suatu apapun dengan uang tabungan yang terkumpul selama beberapa tahun :D)
Demikian penampakannya , (‘’…apabila anda berfikir kenapa barangnya sudah usang dan agak jelek..itu semua disengaja biar sama kayak yang punya / “penulis”)

Ok langsung kita coba memberikan tips dan triks untuk para pengguna, yang merasa tidak menggunakan semoga bisa menambah wawasan .
Kualitas dan pemakaian
Hp ini telah terpakai selama 2 tahun lebih dan sampai sekarang masih normal tiada suatu apapun walaupun telah beberapa kali terjatuh dari atas almari.. intinya saya juga tidak berharap rusak selain garansi sudah habis gak kuat kalau mesti beli hp baru.
  • Battrei : Sepertinya kita mesti mencoba memahami bahwa setiap smart phone mempunyai kelemahan sedikit perihal battrei, bahwa batrei tidak bisa bertahan lama. Saya sendiri sempat stress, emosi, ragu, bimbang, kesal, bingung dan tolong tambahkan sendiri kata-katanya…Mengapa begitu : Karena saya harus menjadi anak rajin bin disiplin untuk chas HP tiap hari apalagi apabila digunakan untuk OL weleh boro – boro untuk 2 hari pagi selesai chas malem aja paling tingga satu bar. Berkat kesabaran dan semedi selama beberapa tahun untuk tidak membanting hp kesayangan saya ini maka saya coba mencari referensi dan beberapa tips agar battrei tidak cepat kandas, percobaan yang saya lakukan adalah sebagai berikut
  1. Mematikan backlight :Start – setting – power management –backlight time : never
  2. Brightness minimum : Start – setting – power management – Display Brightness: level 1 / Level 2
  3. Mematikan penerangan keypad : Start – setting – power management – Light sensor : Off
  4. Mematikan suara keypad : Start – setting – sounds – keypad tone :None
  5. Nach ini dia yang paling penting, setelah saya lakukan tips diatas memang agak terpengaruh sedikit pemakaian batrei bisa hingga 1 hari, akan tetapi saya masih menemukan keanehan. Kronologi kejadian di TKP kamar kos kosan waktu itu (waktu tepatnya lupa) … batrei saya chas dari jam 19.00 hingga 21.30 dalam keadaaan full 4 bar dalam screen layout HP, akhirnya saya cabut dan masukkan kedalam sarung HP … eh pagi hari saya cek hilang 2 bar padahal kondisi HP standby dan tidak melakukan kegiatan suatu apapun (saya sangat curiga dan makin kesal , kecuali kalau hp tersebut saya suruh cuci cuci atau mungkin kipasin saya saat tidur akan sangat wajar kalau power battrei hilang 2 bar , lah ini Cuma bengong doank hilang 2 bar apa gak patut dicurigai..??) hal ini sebenarnya sudah 2 tahun berjalan dan di tahun 2011 ini saya baru merasa benar benar kesal … &*%$*^&&*....melanjutkan peristiwa saat itu, setelah bangun tidur dan kaget melihat power battrei yang telah hilang 2 bar, saya menyempatkan untuk mencari dibawah almari, kasur , kamar mandi, hingga parkiran (…hadehhhh) dan tidak diketemukan juga . Ada satu hal lagi setiap habis hujan atau sinyal 3G hilang saya sering mengalami hilangnya power battrei satu demi satu.. setelah berguru dengan mbak google dengan internet pinjaman, saya baru menyadari bahwa setiap pencarian sinyal sebuah hp itu memakan daya/ power. Mengingat saat ini sinyal 3G untuk beberapa provider masih muncul dan lebih sering sembunnyi, saya jadi tahu bahwa daya dari batrrie hp saya ilang saat kerja keras nyariin sinyal 3G..oh migod migod ….OK jadi intinya selama kita tidak memputuhkan sinyal tersebut sebaiknya kita set HP untuk menggunkan sinyal Edge atau Gprs caranya : Start – setting – phone- all calls –band selection GSM900/1800 . Setelah saya lakukan hal tersebut selain sinyal tersebut stabil untuk provider yang saya pakai, rupanya oh rupanya daya battrei standby bisa sampai hampir tiga hari mantap sodara –sodara :D dan selebihnya tinggal dari cara pemakaiannya saja
  • Camera
    Kamera untuk hp ini ukurannya 2 Mp , silahkan anda sendiri yang menilainya. Hasil jepretan saya tidak lain hanya untuk makanan, hasil jernih dan kualitas OK ..bahkan saya bandingkan dengan HP saya dengan merk lain yang katanya mengantongi ukuran 3,2 Mp hasilnya masih kalah jauh dalam keadaan terang. Untuk gelap memang kurang mantab karena tidak memiliki flash light..yang tidak kalah hebatnya foto makanan dibawah adalah murni gratis alias traktiran
  • Video
    Untuk video mohon maaf gak ada samplenya..berhubung saya kalau buka video pikirannya aneh aneh maka fitur ini no comment dech , paling gak bisa liat dari jepretan kamera sedemikian maka videopun gak jauh berbeda.

  • Soft reset dan factory reset
  1. Kadang hp juga butuh istirahat jadi gak ada salahnya dilakukan soft reset dengan me restart hp (mastikan dan hidupkan kembali), selain akan memperpanjang umur hp juga akan terasa lebih ringan dalam berkinerja kembali

  2. Matikan semua aplikasi aktif, dengan cara membuka task manager”tekan tombol home (gambar rumah agak lama) maka akan muncul task manager dan silahkan di end task”. Banyaknya aplikasi aktif juga mempengaruhi penggunaan daya batrei

  3. Factory reset: berhubung handphone ini telah saya gunakan untuk install macam macam aplikasi, dan banyaknya game hingga suatu saat sering lambret dan malahan sering eror… saya coba mengembalikan setting seperti semula waktu saya beli (dan udah siap resikonya dengan phone book dan semua data ilang semua). Caranya : matikan HP – tekan panel arah /tombol keatas – hidupkan HP (masuk kepilihan booting dan saya pilih format – maka akan meminta password lalu saya masukkan 0000 merupakan kode standart factory/ pabrikan kalau sudah pernah dirubah maka gak tahu dech …heheheheh) sebaiknya bertanya kepada servise centre terdekat apabila mengalami kendala pada HP ini, semua cara yang dilakukan semata-mata merupakan pengalaman pribadi

  4. Modem : Ehehehe hampir kelupaan , hp ini compatible untuk digunakan sebagai modem, saran saya apabila akan digunakan sebagai modem silahkan hidupkan kembali 3G anda (setelan otomatis), ok langsung saja silahkan colokkan usb ke PC jangan kekulkas atau almari karena tidak akan berpengaruh, pada pilihan pada handphone pilih Start – setting - USB - Default USB function (ActiveSync). Pastikan PC telah terinstall Microsoft ActiveSync apabila telah terhubung, apabila HP telah terhubung dengan PC menggunakan koneksi Microsoft ActiveSyn, biarkan sesaat lalu silahkan lakukan pengaturan pada HP , cari folder dengan nama "internet" dan pilih "Internet Sharing", apabila pada tulisan status sudah menunjukkan tulisan connected maka HP anda sudah resmi menjadi modem, kualitas internet akan cepat apabila sinyal 3G hidup (jangan lupa pastikan kartu masih aktif dan ada pulsanya :D), apabila mengalami kegagalan atau koneksi antar PC dan HP lambat silahkan ulangi kembali cara sebelumnya.
Sebenarnya tulisan ini salah judul harusnya, curhat penggunaan HP aka valensia , akan tetapi biar gaul maka diganti dengan tips and trik walaupun tidak terdapat banyak review serta tips yang ditawarkan. Oh iya …handphone ini dibandrol dengan OS windows mobile versi 6.1, Cuma ya itu …(apaan??) cari aksesoriesnya susahnya, mau cari leather case aja ampe borokan ..apalagi lokasi saya didenpasar.

Untuk teman teman yang mau mendapatkan info lengkap baik tips, serta software – software yang ditawarkan ada baiknya mengikuti forumnya lounge aka valensia mas kaskus :D. Penulis sendiri menggunakan beberapa aplikasi pendukung yaitu palringgo untuk messenger, google map untuk pendukung gps ..kalau mau yang offline silahkan pakai garmin.

Selanjutnya kita akan bahas tentang cara mengakhiri tulisan yang terlampau panjang dengan tanda titik (.)

berhubung penulis orang biasa yang banyak salah dan dosa mohon maaf apabila banyak tulisan atau perkataan yang kurang sesuai atau salah


No comments:

Post a Comment