Tuesday, January 29, 2013

Obat alami masuk angin untuk anak-anak


Kemarin merasakan cemas karena Aish panas dan muntah, raut muka cerianya pun tidak terlihat. Biasanya anak ini merengek manja atau hanya tertawa dan bermain tanpa henti, tapi begitu panas dan muntah raut mukanya pucat dan terlihat lemas. Walaupun mencoba tegar sebagai seorang ayah dalam hati kecil hanya terisikan rasa khawatir. Kejadian bermula saat ditempat budhe, Aish masih sempat bermain ceria bahkan hingga sore, mungkin karena angin hari itu kurang bersahabat dan Aish main ditaman depan membuatnya kemasukan angin.
Masuk ke sore hari menjelang Maghrib mulai muntah terus, setelah Isyak pulang kerumah dimobil pakdhenya pun muntah. Badan Aish mulai hangat dan agak panas, mukanya pucat menangis dan sesekali diam terlihat lemas.

Melihat kondisi demikian terasa sedih sekali, herannya Uminya tetap tegar dan tidak panik inilah untungnya punya istri yang maskulin hohohoho.

  • Umi bilang : “oh masuk angin ini bi, “ minta tolong ulekin bawang merah 2-3 siung terus taruh di mangkuk mini” … berhubung ane panik ya nurut aja walaupun gak tahu maksudnya. Selesai

Begitu mangkuk berisikan bawang merah yang sudah ditumbuk kasar ane bawa kekamar, maka Umi langsung mengambilnya dan menambahkan Olive Oil (Minyak Zaitun). Mulai digosokan kekaki aisyah dan dipijatnya satu arah, berlanjut ke tangan, pada bagian perut wakttu di lakukan urutan ringan terdapat bunyi-bunyi seperti perut lapar.

  • Umi bilang kembali : “Bi ini suara angin dari perut adek, banyak sekali anginnya, kepala dia juga pusing “ (sambil terus memijat dengan baluran bawah merah yang sudah dicapur minyak zaitun, kepala pun dipijitnya pelan-pelan )
Setelah satu jam Aish sudah mulai tidak rewel, badannya juga tidak terlalu panas. 
Walaupun masih agak hangat akan tetapi sudah mau untuk mencoba tidur, mungkin rasa pusing dan mual sudah mulai berkurang. 

Sedikit pengalaman ini coba ane share rupanya untuk menurunkan panas dan mengurangi masuk angin untuk anak bisa menggunakan bawang merah dan minyak zaitun. 
Bawang merah bisa menimbulkan rasa hangat alamai dan menyerap bakteri, bau dari bawang merah dikamar dijuga bisa menyerap bakteri diudara sekitar “kata istri ane yang notabene hobby sekali ikut group – group pengobatan herbal oleh kalangan medis”. Pagi hari saya coba drill pakai madu , “ingat madu asli ” harganya memang agak mahal akan tetapi kualitasnya pastinya juga menentukan, madu merupakan obat yang sangat mujaram untuk segala penyakit rasanyapun tidak membuat anak kita menjauhinya. 

Aish siang sudah mulai fit kembali walaupun wajahnya masih agak pucat tapi dari teriakan kecerewetan nya yang sudah normal maka bisa dipastikan kesehatannya mulai membaik kembali.

1 comment: